Minggu, 26 Maret 2017

Senam Hamil <3

Assalamu'alaikum temen-temen :D


Wah.. kayanya gue lagi rajin banget nih update blog :)) Entah bawaan bayi atau memang terlalu banyak waktu luang nih :p Yg jelas gue lagi pengen banget berbagi pengalaman tentang kehamilan saat ini, sekalian curhat sih sebenarnya hahaha Semoga curhatan gue ini bermanfaat untuk kita semua ya, Aamin! Belajar dari pengalaman gue menulis blog saat-saat gue mau menikah ditahun lalu, menulis blog kek gini tuh bener-bener bikin gue bisa flash back ke masa-masa yg sangat bahagia waktu itu. Sampai sekarang gue masih bolak-balik baca blog gue tahun lalu, buat mengenang dan merasakan kembali masa-masa yg bener-bener menyenangkan. Mungkin tahun depan gue akan bolak-balik baca blog seputar kehamilan ini buat mengenang betapa bahagianya masa-masa sekarang :")


Kali ini gue akan berbagi pengalaman pertama megikuti program senam hamil di sebuah Rumah Sakit Bersalin di Jakarta Selatan. Bermula rasa penasaran kaya gimana sih senam hamil yg baik dan benar, karena jujur aja selama ini gue melakukan senam hamil dirumah dengan hanya berbekal video dari youtube hehe Jangan men-judge dulu yaa Bu Ibu. Gerakan-gerakan yg gue lakukan masih membuat gue nyaman kok, jadi masih aman untuk dilakuin sendiri dirumah. Perlu diingat, keadaan fisik setiap orang juga berbeda jadi perlu dikonsultasikan lebih dulu ke Obgyn masing-masing. Karena saat itu kondisi gue memungkinkan untuk melakukan senam hamil sendiri dan Alhamdulillah gue termasuk orang yg beruntung karena saat kehamilan ini tidak merasakan mual apa lagi muntah (morning sick) jadi yaa keadaan memungkinkan untuk melakukan senam hamil sendiri dirumah :) Sebelumnya gue googling dulu untuk mengetahui diusia kehamilan berapa bulan boleh melakukan senam hamil, jawabannya macam-macam. Ada yg dimulai dari 4bulan sampai ada yg ikut senam hamil pas mendekati due date. Malah ada yg lebih ekstrim, pas gue nanya nyokap gue kapan beliau melakukan senam hamil dulu dan beliau bilang saat usia 2bulan :)) Tapi tentunya dibawah pengawasan bidan yg mengajar senam hamil yaa. Dan gerakan yg dilakukan juga khusus untuk para Ibu yg usia kandungannya 2bulan (tidak sembarangan) Well, setiap orang mempunyai cara yg berbeda dalam menjaga kehamilan kita tidak bisa men-judge baik atau buruk karena mereka pasti melakukan yg terbaik untuk dirinya dan calon anaknya kelak :)


Karena melakukan senam hamil dirumah cuma sendirian terasa membosankan dan rasanya gue perlu pengetahuan langsung juga dari para ahli jadi gue memutuskan diusia kehamilan 6bulan ini untuk mencari RS mana yg mengadakan program senam hamil. Yg pertama, gue harus mencari tempat yg dekat dari rumah supaya ga buang-buang waktu dijalan, tau sendiri kan jalanan Jakarta ga bisa diprediksi. Kedua, cari RS yg pro-normal, pro IMD dan pro ASI. Ketiga, cari RS yg ga mata duitan alias biayanya murah meriah HAHA! Awalnya gue pingin ikut senam hamil di RS. JMC (Jakarta Medical Center) di daerah Buncit, karena memang gue dari awal kehamilan sampai sekarang kontrolnya di RS. JMC dengan Dokter Arju Anita. Tapi setelah gue googling di JMC boleh ikut senam hamil diusia 7bulan dan jadwalnya pun ga ada yg weekend. Secara gue ngantor, jadi harus cari RS yg mengadakan jadwal senam hamil di hari Sabtu/Minggu. Gue gooling lagi, ternyata banyak yg merekomendasikan di Rumah Sakit Bersalin Duren Tiga. Wih.. deket banget dari rumah, dan jadwalnya ada di hari Sabtu pagi dan sore. Besoknya gue langung meluncur ke RSIB Duren Tiga dengan diantar suami...


Jadwal senam hamil disini ada di Hari Selasa dan Sabtu tapi lupa kalau hari Selasa itu jam berapa hehe Kerena googling jadi yg diinget cuma jam pada saat hari Sabtu yaitu jam 11siang dan jam 3sore niatnya sehari sebelum kesana mau tlp dulu tapi lupa HAHA! Ada juga kelas Hypnobrithing jadwalnya pun ada di hari Sabtu jam 9pagi dan jam 1siang. Tapi kayanya gue belum perlu untuk kelas Hypno ini jadi untuk permulaan gue akan mencoba senam hamil dulu. Untuk lebih jelasnya silahkan tlp ke RSB Duren Tiga :)


Sabtu, 25 Maret 2017 gue menuju RSB Duren Tiga untuk senam hamil yg dijadwalkan jam 11siang. Karena kemarin hujan jadi mager banget agak telat deh jalannya :(  Udah hopeless banget untuk mengikuti kelas yg jam 11 ini, yaudahlah paling ikut kelas yg jam 3sore aja yg penting datang aja terus daftar dulu menghilangkan rasa penasaran. Sesampainya disana, langsung buru-buru tanya ke pusat informasi dan disambut dengan lembut oleh para suster disana lalu diarahkan ke kasir untuk membayar langsung jika ingin melakukan senam hamil di jam 11. Ternyata kelas jam 11 belum dimulai, YEAAAY! Untung di endonesah jamnya jam karet ;p


Setelah administrasi selesai kita di arahkan untuk naik ke lantai 3 dengan menggunakan tangga. OMG! gue sampe nanya sama securitynya "PAK INI GA ADA LIFT?" Dengan lembut si Bapak menjawab, tidak ada Ibu :"O  Untung ada mbak-mbak yg mau ikut senam hamil juga, jadi gue ga merasa deg-degan naik tangga 3lantai karena ada temennya. Akhirnyaaa sampai juga dilantai 3, ngos-ngosan yaa pasti!!! Masuk ke ruangan yg cukup luas, bisa diikuti perserta senam hamil lebih dari 10orang, bersih, tenang, pokonya bikin kita nyaman, dan kamar mandi ada di dalam ruangan tsb tau sendirikan Bumil pasti beseran terus hehe. Pas datang didalam kelas sudah penuh dengan peserta senam hamil tapi bidan yg mengajarkan senam hamil belum ada ditempat, hhh.. legaaaa ga telat-telat amat :D Tidak lama menunggu bidanpun datang, namanya bidan Sherli. Orangnya cantik dan lembut sekali bikin kita nyaman berada dikelas senam hamil ini. Dari pada penasaran kaya gimana suasana kelas senam hamil di RSB Duren Tiga ini gue kasih liat fotonya yaaa ;)




Bidan Sherli mencontohkan gerakan senam hamil untuk usia kehamilan 8bulan keatas


 
 
Suasana ruang kelas senam hamil RSB Duren Tiga



 
Toilet di dalam kelas senam hamil




Setelah dicatat nama, asal rumah sakit saat kontrol, dan usia kandungan, kelas senam hamilpun dimulai. Oiya.. FYI dikelas senam hamil ini, usia kandungan gue adalah usia yg paling muda :)) kerajinan yaa! Senam hamil yang diajarkan merupakan gerakan-gerakan dasar senam dan dijelaskan manfaat gerakan tersebut, ada gerakan yang boleh dilakukan di rumah dan ada yang dalam pengawasan bidan. Ternyata senam hamil ini hanya setengah jam lebih kurangnya, sisanya penjelasan tentang laktasi dan pentingnya hypnobirthing saat melahirkan nanti. Dari penjelasan bu bidan ini, saya menangkap bahwa dokter-dokter di RSB Duren Tiga ini pro normal dan hypno, RS ini juga mau menyetel lagu klasik untuk pasiennya yang rutin ikut kelas hypnobirthing. Setelah senam hamil selesai, kita dikasih roti isi kacang hijau dan susu hangat loooh. Lumayan banget yaa dengan biaya 40ribu sudah bisa senam hamil dengan nyaman plus dapet susu dan roti..


 
Susu hangat dan roti isi kacang hijau




Okey. Cukup sekian dan terimakasih, itulah sedikit informasi yg bisa gue berikan dan banyak curhatan dari Bumil yg BM banget ikut senam hamil yg ternyata sangat seru dan menyenangkan. Sepertinya akan rutin melakukan senam hamil dan next akan mencoba kelas Hypnobrithing dan pastinya akan di tulis lagi di blog ini bagaimana pengalaman pertama ikut kelas Hypnobrithing jadiiiii... jangan bosan untuk membaca blog ku ini yaaa para mom to be ;) See you!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar